Jumat, 13 September 2013

Pelatihan Open Source di Banir FM

Banir FM merupakan radio komunitas Orang Rimba di dalam hutan Taman Nasional Bukit Duabelas (TNDB). Saya diberi kesempatan untuk memberikan materi mengenai Open Source untuk kebutuhan radio komunitas. Kebutuhan radio komunitas terkait pemanfaatan teknologi informasi diantaranya untuk produksi konten, pengolahan audio, manajemen siaran radio, serta keperluan penggunaan komputer sehari-hari.
Suasana Pelatihan


Misi utama dari pelatihan ini adalah untuk mengganti penggunaan produk proprietari ke Open Source, serta membuat pustaka audio.

Hari pertama pelatihan Open Source bersama Benor FM telah selesai dilakukan, pelatihan berjalan dengan lancar, peserta berjumlah 10 orang.

Materi hari pertama adalah pengenalan Open Source, serta instalasi Ubuntu. Seluruh laptop yang digunakan oleh peserta berhasil dipasang Ubuntu pada hari pertama, dan yang melakukan pemasangan adalah peserta sendiri, tidak ada dual boot dalam hal ini, semua laptop diformat dan dipasang Ubuntu.

Setelah selesai pemasangan, selanjutnya adalah mengenalkan desktop Ubuntu ke peserta, mencoba aplikasi bawaan, peramban berkas, dan pengaturan komputer.

Pelatihan hari pertama selesai dengan senyum bahagia para peserta yang berhasil memasang Ubuntu di laptopnya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar