Senin, 26 September 2011

Prioritas Pengembangan BlankOn 2011-2012


Seiring berjalanya waktu, pengembangan BlankOn semakin menunjukan komitmennya dalam hal pengembangan distribusi Linux di Indonesia, perkembangan dari waktu ke waktu sangatlah jelas terlihat, dari yang tadinya tidak memiliki infrastruktur sendiri, hingga kini memiliki beberapa infrastruktur yang terdistribusi, dari yang tadinya komunitas kecil hingga kini memiliki komunitas yang terdistribusi dan tersebar di seluruh Indonesia membentuk kelompok-kelompok pengguna di setiap daerah. dan masih banyak perkembangan-perkembangan yang lain.

Minggu, 25 September 2011

Pertemuan Pertama Kelas Pemrograman Python di AirPutih


Menulis perangkat lunak menggunakan bahasa Python di lingkungan Linux sangat menyenangkan, peralatan yang dibutuhkan tidaklah susah, untuk kode yang sederhana hampir tidak perlu memasang perangkat lunak tambahan pada distribusi BlankOn yang sudah terpasang di komputer atau laptop karena sudah terpasang secara bawaan. Ibarat kata, pasang BlankOn dan kita sudah bisa memrogram menggunakan bahasa Python. Untuk menulis kode python cukup menggunakan Gedit, atau editor teks lain sesuai selera masing-masing.

Kamis, 22 September 2011

BlankOn - aircrack-ng - masalah channel pada perangkat zd1211rw


Pada perangkat nirkabel (wireless) eksternal zd1211rw yang digunakan bersama BlankOn Linux dengan kernel 3.0.1-2-generic, ketika menjalankan airodump-ng dengan memilih kanal (channel) tertentu maka akan terjadi kesalahan :

Rabu, 21 September 2011

BlankOn - Menjalankan Wireshark tanpa root

Wireshark merupakan aplikasi penganalisa protokol jaringan yang memungkinkan kita mendapatkan dan melihat lalu lintas jaringan komputer.

Aplikasi Wireshark ini tersedia di lumbung paket BlankOn. Untuk memasang Wireshark ke distribusi BlankOn yang sudah terpasang di komputer, ketik perintah di terminal :

Senin, 19 September 2011

Kopdar dan Halal-bihalal Komunitas BlankOn Bekasi


Kopdar (kopi darat), merupakan salah satu kegiatan rutin teman-teman Komunisa BlankOn Bekasi (KBB). Masih dalam suasana lebaran, hari Sabtu, 17 September 2011, KBB mengadakan kegiatan kopdar sekaligus halal bihalal bertempat di Food Court Bekasi Cyber Park.

Dalam kegiatan ini, dibahas mengenai :

Kamis, 15 September 2011

Ayam dan Babi


Ada cerita menarik dari buku "Agile Project Management with Scrum" yang ditulis oleh Ken Schwaber. Sebenarnya buku ini sudah lama saya baca dan pelajari, berhubung ada rencana untuk mengikuti Scrum Meetup Indonesia, jadi saya baca lagi dan ketemu lagi sama cerita ini.

Berhubung di buku tertulis tidak boleh mengutip, jadi saya ceritakan saja dalam bahasa Indonesia, kira-kira ceritanya begini :

Pendaftaran Tim Pengembang BlankOn Sudah Dibuka

Tim pengembang BlankOn sudah membuka pendaftaran untuk bergabung menjadi tim pengembang BlankOn 8.0 Rote.

Usulan Fitur untuk BlankOn Rote sudah dibuka

Yuk rame-rame mengusulkan fitur yang kira-kira menarik di BlankOn Rote. Kalau punya usul bisa disampaikan di wiki BlankOn 

Selamat berusul :D

Rabu, 14 September 2011

Di Balik Pengembangan BlankOn Panel


Ide pemikiran ini datang dari Mohammad Dhani Anwari, Koordinator Riset BlankOn.

Salah satu alasan mengembangkan BlankOn Panel adalah karena masalah teknis. Di Indonesia, masih banyak perangkat keras komputer yang mempunyai spesifikasi rendah. Jadi kita sebut saja ada dua tipe perangkat keras di Indonesia :

Selasa, 13 September 2011

Kegiatan baru 2011, Mengajar!


Selain di AirPutih dan BlankOn Linux, di tahun 2011 ini kegiatan baru saya adalah mengajar Komputer Jaringan di SMK IT Tunas Jakasampurna.

Waktu mengajar seminggu sekali, setiap hari selasa, dari pukul 08.30 sampai 15.45, saya mendampingi murid-murid kelas IX (3 SMK) yang berjumlah 34 siswa/i.

Senin, 12 September 2011

Tamasya Bahasa


Eh, ada cerita menarik di buku "Bahasa! Kumpulan Tulisan di Majalah Tempo". Berikut ini kutipannya :

....
Tamasya semacam itu semakin menyenangkan jika yang kita baca adalah kata yang masih dekat dengan bahasa sumbernya. Tidak terkira banyaknya bengkel mobil di sepanjang jalan; tentunya mereka yang bertugas menulis di papan atau kain tidak pernah, dan juga tidak begitu perlu, memikirkan asal-usul kata yang dicoretkannya. Ada berapa "versi" untuk shockbreaker yang pernah Anda lihat? Beberapa bengkel menyadari pentingnya ejaan, dan karena sadar pentingnya menggunakan bahasa sendiri menulis minyak pelumas untuk oil. Tetapi giliran si penulis mengandalkan pendengarannya, muncullah olie, oli, olye, dan entah apa lagi. Dalam kasus ini, dan beberapa kasus lain, bahasa sumber yang berbeda (Inggris, Belanda) juga menyumbangkan "kekayaan" ejaan. Dan untuk service, kata yang mahapenting dalam kegiatan perbengkelan, diciptakan kata cervice, servis, servies, serpis di samping pemeliharaan. Dibanding bidang lain, perbengkelan mobil menyajikan permainan ejaan yang meungkin paling inspiratif (sic!).
.....

Barangkali bisa menjadi sumber inspirasi :D