Senin, 26 September 2011

Prioritas Pengembangan BlankOn 2011-2012


Seiring berjalanya waktu, pengembangan BlankOn semakin menunjukan komitmennya dalam hal pengembangan distribusi Linux di Indonesia, perkembangan dari waktu ke waktu sangatlah jelas terlihat, dari yang tadinya tidak memiliki infrastruktur sendiri, hingga kini memiliki beberapa infrastruktur yang terdistribusi, dari yang tadinya komunitas kecil hingga kini memiliki komunitas yang terdistribusi dan tersebar di seluruh Indonesia membentuk kelompok-kelompok pengguna di setiap daerah. dan masih banyak perkembangan-perkembangan yang lain.

Seiring berkembangnya pengembangan BlankOn, semakin banyak juga pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu yang bersamaan, untuk itu butuh membuat skala prioritas, pekerjaan mana yang _harus_ diselesaikan terlebih dahulu, lalu pekerjaan mana yang _harus_ diselesaikan kemudian. Karena perlu disadari, sebagai manusia tentunya memiliki keterbatasan-keterbatasan, tidaklah mungkin dapat mengerjakan semua hal dalam waktu bersamaan, paling tidak ada satu fokus yang menjadi konsentrasi capaian dalam kurun waktu tertentu.

Lebih jauh lagi, secara garis besar pekerjaan-pekerjaan ini bisa dikelompokkan dalam beberapa kategori, saya sendiri membuat kelompok pekerjaan-pekerjaan ini dalam dua kategori :


  • Kategori teknologi

Pekerjaan-pekerjaan yang berkaintan dengan teknis pengembangan, riset aplikasi, membuat aplikasi lebih baik lagi, peningkatan cara kerja pengembangan dan hal-hal lain yang berhubungan dengan teknis.

  • Kategori pengembangan komunitas

Setiap kegiatan tentunya tidak bisa terlepas dari sumber daya manusia yang terlibat dalam pekerjaan tersebut, kategori ini berkaitan erat dalam pengelolaan komunitas, karena BlankOn hidup dan berkembang dari komunitas BlankOn.

Untuk kategori teknologi, bisa dibilang BlankOn sudah memiliki metode pengembangan yang cukup baik, meskipun harus terus dikembangkan. Namun dari sisi pengembangan komunitas, BlankOn masih sangat kurang.

Maka dari itu, untuk tahun 2011-2012, fokus pengembangan BlankOn pada kategori pengembangan komunitas. Fokus bukan berarti melupakan kategori yang lain, seperti disebutkan sebelumnya, ini merupakan skala prioritas.

Contoh pengembangan komunitas misalnya:

  • Memperluas jangkauan kelompok pengguna;
  • Mewujudkan rencana majalah bulanan BlankOn;
  • Memperbaiki interaksi dengan masyarakat melalui jejaring sosial.

Dan masih banyak lagi. Kalau rencana detail masih rahasia :D.

1 komentar:

  1. Keren, Mas. Maju terus.


    Ade Malsasa Akbar
    http://malsasa.tk

    BalasHapus