Minggu, 25 September 2011

Pertemuan Pertama Kelas Pemrograman Python di AirPutih


Menulis perangkat lunak menggunakan bahasa Python di lingkungan Linux sangat menyenangkan, peralatan yang dibutuhkan tidaklah susah, untuk kode yang sederhana hampir tidak perlu memasang perangkat lunak tambahan pada distribusi BlankOn yang sudah terpasang di komputer atau laptop karena sudah terpasang secara bawaan. Ibarat kata, pasang BlankOn dan kita sudah bisa memrogram menggunakan bahasa Python. Untuk menulis kode python cukup menggunakan Gedit, atau editor teks lain sesuai selera masing-masing.

Namun, di Indonesia sendiri bahasa pemrograman python masih jarang penggunanya, jarang sekali sekolah-sekolah yang mengajarkan Python sebagai bahasa pengantar, rata-rata Java, PHP, Pascal dan bahasa lainya selain Python.

Sudah sejak lama saya ingin membuat kelas Python untuk para mahasiswa, namun kendala waktu dan tenaga sehingga baru kesampaian di bulan September 2011 ini :D, Tahun 2009, ketika saya masih bertugas di Takengon, Aceh Tengah, keinginan untuk membuat kelas Python sempat muncul, namun kendala SDM peserta yang rasanya belum siap.

Kamis, 22 September 2011 akhirnya terlaksana pertemuan pertama kelas Python yang rencananya rutin diadakan setiap hari Kamis. Pertemuan pertama ini belum membahas Python, melainkan membahas pengontrol versi karena nantinya untuk praktek menulis kode semua diunggah dan dikumpulkan bersama-sama peserta juga diharapkan mampu berkolaborasi untuk menulis kode secara bersama-sama. Sehingga pengetahuan menggunakan alat pengontrol versi ini menjadi sangat penting.

Hasil belajar di github bisa dilihat pada tautan berikut.

Dalam pertemuan tersebut, peserta diberi tugas untuk merangkum hasil dari proses belajar kemudian ditulis di blog masing-masing, hasil dari tugas tersebut bisa dilihat di tautan berikut ini :



Pertemuan minggu depan akan mulai membahas pengenalan Python, dan seperti biasa peserta akan diberi tugas yang sama, merangkum dan mendokumentasikan ke blog masing-masing :D

1 komentar:

  1. permisi gan,, saya sedang belajar python dan kesulitan dalam hal pengimplementasian metode forward maupun backward chaining pada pemrograman python..mohon pencerahannya.

    BalasHapus