Kamis, 15 September 2011

Ayam dan Babi


Ada cerita menarik dari buku "Agile Project Management with Scrum" yang ditulis oleh Ken Schwaber. Sebenarnya buku ini sudah lama saya baca dan pelajari, berhubung ada rencana untuk mengikuti Scrum Meetup Indonesia, jadi saya baca lagi dan ketemu lagi sama cerita ini.

Berhubung di buku tertulis tidak boleh mengutip, jadi saya ceritakan saja dalam bahasa Indonesia, kira-kira ceritanya begini :

"""
Babi dan ayam sedang berjalan, ayam bertanya kepada babi, maukah kamu membuka restauran bersama saya?, dan babi menjawab mau, lalu babi bertanya, kira-kira nama restaurannya apa? "Restauran daging babi dan telur". Lalu babi berkata, wah, kalau begitu saya berfikir dua kali untuk membuka restauran bersama sampeyan, saya sudah berkomitmen, tapi sampeyan kok cuma ikut terlibat saja.
"""

Cerita ayam dan babi ini banyak dijumpai di dunia Agile Project Management untuk menggambarkan dua jenis anggota proyek. Babi menggambarkan jenis anggota proyek yang punya komitmen penuh, dan ayam menggambarkan jenis anggota yang tertarik tapi keterlibatanya hanya sebatas penggembira saja. :D

3 komentar:

  1. Analogi yang lucu. Tapi mengapa pilihannya jatuh pada ayam & babi? Ada alasan tertentu?Analogi yang lucu. Tapi mengapa pilihannya jatuh pada ayam & babi? Ada alasan tertentu?

    BalasHapus
  2. Kalau itu saya kurang tau, mungkin ceritanya sudah ada dari dulu, lalu cocok dengan kondisi "Agile Project Management". Atau entah bagaimana :D

    BalasHapus
  3. cerita ayam dan babi ini sudah pernah diceritakan pada blankonf #3
    :D

    BalasHapus